Followers

Wednesday 20 April 2011

10 Dasar SEO

banyak buku yang mengajarkan berbagai tehnik SEO(search engine optimization) yang disarankan oleh para expert SEO di seluruh dunia. berikut adalah hal-hal penting mengenai optimisasi SEO yang dianjurkan oleh para ahli SEO di dunia yang telah saya rangkum menjadi 10 point utama yaitu:

1. harus memiliki meta tag.

meta tag terdiri dari meta keyword dan meta discription. meta description merupakan data yang mendeskripsikan isi dari situs yang kita buat sedangkan meta keyword adalah keyword yang di indeks oleh google sehingga para pengguna internet dapat menemukan situs kita di halaman pertama google. ingat! jangan menggunakan meta keyword yang berlebihan karena dapat dicurigai oleh google, apalagi keyword yang digunakan tidak berhubungan dengan isi dari website.hal tersebut dapat menyebabkan google menganggap situs kita sebagai spam yang dapat menurunkan page rank kita di search engine google atau di searchenggine lainya. disarankan agar menggunakn kurang lebih 3-5 keyword dalam meta keyword.

2. tidak terdapat link yang rusak.

sepertinya hampir semua situs di internet memiliki link di situs mereka. link ini digunakan untuk menghubungkan haaman satu dengan halaman lainya. jika di dalam situs terdapat link yang jika di klik kemudian tidak dapat diakses atau error, link ini biasa disebut dengan broken link atau link yang rusak kalau diterjemahkan. google sangat tidak menyukai suatu situs yang memiliki link yang rusak atau terdapat broken link di situs tersebut.hal ini dikarenakan spider enggine yang merupakan sistem yang digunakan untuk membaca isi situs anda menjadi kesulitan sehingga dapat berpengaruh pada page rank anda. jadi pastikan situs anda tidak memiliki broken link karena dapat berpengaruh pada optimisasi SEO anda.

3. instal semua gambar dengan menggunakan ALT text.

instal gambar yang terdapat di situs anda dengan menggunakan tehnik ALT teks.

4. gunakan keyword pada title, content bahkan pada judul.

menggunakan keyword pada menu atau pada content saja tidak cukup untuk memmbuat situs kita menjadi SEO friendly. penggunaan keyword  juga digunakan pada judul dari postingan kita. hal ini dimaksudkan agar setiap halaman di situs kita mendapatkan kepercayaan dari google bahwa halaman tersebut sesuai dengan kata kunci yang kita gunakan dalam situs utama atau pada halaman utama, sehingga hal ini dapat meningkatka kepercayaan google kepada situs.selain itu gunakan keyword yang sesuai dengan tema utama dari situs kita, jangan membuat keyword yang tidak ada hubunganya dengan keyword yang digunakan di dalam halaman utama, karena hal ini dapat membuat google berfikir bahwa situs yang kita buat itu asal-asalan.

5. submit artikel yang telah dibuat.

artikel yang telah dibuat aka diketahui oleh orang banyak jika artikel tersebut di submit di situs-situs yang banyak pengunjungnya seperti facebook dan twittter. dengan begitu artikel yang telah kita buat diketahui oleh orang banyak sehingga meningkatkan kemungkinan situs kita dikunjungi oleh pengguna internet.

6. buat artikl secara terus menerus.

hal yang paling penting dalam sebuah situs adalah adanya artikel menarik sehingga dapat menarik pengunjung ke situs kita. disarankan untuk terus meng update situs kita dalam jangka waktu yang telah anda tentukan. misalnya setiap seminggu sekali,seminggu dua kali atau bahkan kalau bisa di update setiap hari sehingga dapat meningkatkan page rank situs kita oleh google. untuk membuat artikel setiap harinya, disarankan berlatih dari membuat artikel setiap minggu, jika sudah terbiasa,  maka selang waktu pembuatan artikel dapat dipersingkat hingga tiap hari satu artikel.

7. situs harus memiliki site map.

situs yang anda buat akan tampak lebih profesional jika anda membuat sebuah site map dalam situs anda. google telah menyediakan sebuah layanan gratis untuk membuat site map. pembuatan site map bertujuan agar para pengunjung tidak kebingungan ketika menjelajahi isi situs kita dan memudahkan google untuk membaca isi dari situs yang kita buat.

8. gunakan anchor text.

anchor text merupakan sebuah  text yang dapat di klik oleh pengunjung situs kita sehingga pengunjung dibawa ke situs yang telah ditentukan. penambahan anchor text pada sebuah paragraf di situs kita dapat  meningkatkan page rank kita sehingga membesarkan kemungkinan kita untuk muncul di halaman pertama google. Ingat ! penggunaan anchor text yang berlegihan pada sebuah artikel dapat membuat paman google menjadi curiga terhadap situs kita, sehinggadapat membuat situs kita menjadi diblokir oleh google. untuk amanya gunakan  anchor text sewajarnya, yaitu kira-kira sekitar 3-6 dalam sebuah artikel sehingga situs anda tidak dicurigai oleh paman google kita yang tercinta...hehe...

9. penggunaan teks yang berbentuk bold dan italic.

tehnik SEO menyarankan agar anda setidaknya memasukan beberapa kata yang berbentuk  bold dan italic pada artikel yang kita buat. hal ini merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan , namun merupakan hal yang paling sering untuk dilewatkan oleh para master SEO. jadi hal sepele ini jangan sampai terlupakan.

10. comment pada artikel.

penggunaan commet di sebuah artikel merupakan sebuah tolak ukur yang dapat digunakan oleh google untuk menilai suatu artikel banyak pengunjungnya atau tidak. penggunaan comment pada sebuah artikel yang kita buat bisa menarik perhatian google sehingga google berpendapat bahwa halaman artikel yang terdapat di situs kita dapat dibilang populer sehingga page rank situs kita dapat meningkat.

demikain beberapa tips dasar SEO yang harus dipelajari untuk membangun sebuah situs yang dapat muncul pada halaman pertama google.

0 comments:

About Me

My Photo
Zigs Zizo
i'am just a normal person
View my complete profile